Jumat, 09 Agustus 2013

gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi mobilisasi dini pada ibu post partum Secsio Caesaria di Rumah Sakit Umum Daerah



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Dewasa ini semakin banyak dokter dan tenaga medis yang menganjurkan pasien yang baru melahirkan dengan operasi agar segera menggerakkan tubuhnya. Dokter kandungan menganjurkan pasien yang mengalami operasi caesar untuk tidak berdiam diri di tempat tidur tetapi harus menggerakkan badan atau mobilisasi.
Dalam membantu jalannya penyembuhan ibu pasca seksio caesaria, disarankan untuk melakukan mobilisasi dini. Tetapi, pada ibu yang mengalami seksio caesaria rasanya sulit untuk melaksanakan mobilisasi karena ibu merasa letih dan sakit. Salah satu penyebabnya adalah ketidaktahuan pasien mengenai mobilisasi dini. Untuk itu  diperlukan pendidikan kesehatan tentang mobilisasi dini pasca operasi seksio caesarea sehingga pelaksanaan mobilisasi dini lebih maksimal dilakukan. Sebenarnya ibu yang mengalami seksio caesaria mengerti dalam pelaksanaan mobilisasi dini, namun ibu tidak mengerti apa manfaat dilakukan mobilisasi dini.
Tindakan operasi akan mengakibatkan penurunan gangguan terhadap mobilisasi pasien. Oleh karena itu mobilisasi merupakan kegiatan yang penting pada periode post operasi secsio untuk mencengah komplikasi. Kemampuan pasien untuk bergerak dan berjalan pada post operasi akan menentukan kegiatan yang harus dilaksanakan untuk memberi kesempatan pada pergerakan yang maksimal. Bergerak dan beraktifitas diatas tempat tidur membantu mencengah komplikasi pada system pernafasan, kardiovaskuler, mencengah dekubitus, merangsang peristaltic usus dan mengurangi rasa nyeri.
Mobilisasi segera secara bertahap sangat berguna untuk proses penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi serta trombosis vena. Bila terlalu dini melakukan mobilisasi dapat mempengaruhi penyembuhan luka operasi. Jadi mobilisasi secara teratur dan bertahap yang di ikuti dengan latihan adalah hal yang paling dianjurkan.
Tanggung jawab atas kesehatan diri sendiri, termasuk juga harus dapat mencapai tingkat kemandirian maksimal, dalam hal ini adalah melakukan mobilisasi yang sesuai dengan kondisi pasien. Mobilisasi dini bermanfaat untuk mempertahankan mobilisasi fisik secara optimal, maka system saraf, otot dan skeletal harus tetap utuh dan berfungsi dengan baik.
Angka kejadian secsio caesaria di Indonesia menurut data survey nasional tahun 2007 adalah 921.000 dari 4.039.000 persalinan atau sekitar 22,8 %.. Dari hasil penelitian yang dilakukan di RSUD Dr. Pirngadi Medan pada tanggal 26 Oktober 2010 di dapatkan informasi dari sepuluh orang ibu yang bersalin dengan operasi seksio caesaria mengatakan bahwa sangat takut untuk melakukan mobilisasi pasca secsio caesaria. Hal ini disebabkan karena ibu merasa sangat sakit saat efek dari anestesi telah hilang sehingga tidak mampu untuk melakukan mobilisasi dini dan khawatir jahitan lukabekas operasi akan meregang atau terbuka, sehingga menyebabkan terjadi ruam atau lecet pada bagian punggung bagian bawah, kekakuan atau penegangan otot-otot di seluruh tubuh, pusing dan susah bernafas, juga susah buang air besar maupun berkemih serta bengkak pada tungkai kaki. 
Berdasarkan data yang diperoleh di RSUD Sigli, tercatat pada tahun 2010 di peroleh data jumlah persalinan 1095 dengan 905 (82,7 %) persalinan spontan dan 190 (17,3 %) persalinan melalui Sectio Caesaria. Pada tahun 2011 di peroleh data jumlah persalinan 1069 dengan 859 (80,3 %) persalinan spontan dan 215 (19,7 %) persalinan melalui Sectio Caesaria. Dan dari study pendahuluan ditemukan 6 dari pasien yang post operasi merasa takut dan belum melakukan mobilisasi. Hal ini dipengaruhi oleh pengetahuan ibu yang terbatas tentang manfaat mobilisasi post operasi dan prilaku ibu terhadap tindakan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar